Explore Semarang

SEMARANG - Bandarnya Jawa, Indonesia

Kota Semarang, yang berada di pesisir utara Pulau Jawa, merupakan ibukota Provinsi Jawa Tengah. Semarang, selain karena adanya akulturasi berbagai budaya yang sangat terasa, juga memiliki keunikan yang jarang dimiliki oleh kota lain di Indonesia, di sisi utara berupa dataran rendah dan pesisir pantai dengan udara relatif panas, sedangkan di sisi selatan berupa dataran tinggi dan perbukitan yang relatif lebih dingin.
francisxaviersta-tugu-muda Explore: 7 Tempat hunting foto terfavorit | 7 Tempat Rekreasi / Wisata terpopuler.
[Foto @francisxaviersta on Instagram]
Sekilas Sejarah: Sejak abad ke-8 Masehi, Semarang yang saat itu masih bernama Pragota, telah menjadi pelabuhan utama Kerajaan Mataram Kuno. Tak hanya menjadi tempat berlabuhnya kapal - kapal nusantara, tetapi juga kapal asing yang berasal dari berbagai belahan dunia serta menjadi pintu gerbang jalur perdagangan internasional. Interaksi dengan negara negara luar berlanjut dan berpengaruh pada ranah budaya dan kepercayaan. Berdirinya kompleks Candi Gedong Songo di lereng Gunung Ungaran yang berjarak sekitar 13 km dari Rawa Pening merupakan salah satunya.

Pada tahun 1435 M, seorang laksamana besar dari China yang terkenal, Laksamana Cheng Ho, berlabuh di Pragota. Tempat berlabuhnya Laksamana Cheng Ho tersebut dibangun Sam Poo Kong. Di Simongan? Betul, karena pada waktu itu pelabuhan berada di Simongan. Pada waktu itu, area yang saat ini disebut Semarang bawah adalah perairan. Budaya Tiongkok yang dibawa oleh Laksamana Cheng Ho beserta anak buahnya membuat adanya akulturasi budaya maupun bidang lainnya, khususnya dalam dunia kuliner. Soto Bangkong, Tahu Pong, dan Lumpia, adalah sebagian kuliner perpaduan Jawa dan Cina.
Nama Semarang sendiri muncul pada akhir abad ke-15, karena di tengah tengah suburnya daerah Pragota, muncul pohon Asem yang meski jarang (bahasa Jawa: Asem Arang). Pada tanggal 2 Mei 1547 dijadikannya wilayah Semarang menjadi daerah yang setingkat dengan Kabupaten menjadikan tanggal tersebut dijadikan tanggal berdirinya Kota Semarang. Pada 2 Mei 2016 nanti akan memasuki ulang tahun yang ke-469
Place to Explore, Semarang Kota & Kabupaten:
Wisata Alam: Pantai Marina, Pantai Maron, Goa Kreo & Waduk Jatibarang, Candi Gedong Songo, Curug Benowo, Temu Kencono, Air Terjun Kalipancur, Brown Canyon.
Wisata sejarah: Kota Lama, Museum Rekor Indonesia MURI, Lawang Sewu, Tugu Muda, Museum Ronggo Warsito.
Wisata religi: Masjid Agung Jawa Tengah, Klenteng Tay Kak Sie, Sam Poo Kong, Gereja Blenduk, Pagoda Watugong, Masjid Layur.
Wisata keluarga: Kebun Binatang Mangkang, Puri Maerakaca - Taman Mini Jawa Tengah, Cimory On The Valley, Kampung Kopi Banaran, Desa Wisata Sekatul, Water Blaster, Umbul Sidomukti.
Wisata Kuliner: Soto Bangkong, Leker Paimo, Pasar Semawis, Lumpia Mbak Lien.
Share on Google Plus

About Unknown

0 komentar:

Posting Komentar